Diklat Tugas dan Tanggungjawab Bendahara penerimaan

diklat tugas dan tanggungjawab bendahara penerimaan- Bendahara adalah setiap orang atau badan yang diberi tugas untuk dan atas nama negara/daerah. Menerima, menyimpan dan membayar/menyerahkan uang atau surat beharga atau barang – barang Negara/daerah. Bendahara penerimaan adalah orang yang ditunjuk untuk menerima, menyimpan,menyetorkan. Menetausahakan dan mempertanggungjawabkan uang pendapatan Negara/daerah dalam rangka pelaksanaan APBN/APBD pada kantor/satuan kerja kementerian Negara/lembaga/pemerintah daerah.

Sedangkan bendahara pengeluaran adalah orang yang ditunjuk untuk menerima, menyimpan,membayarkan,menatausahakan dan mempertanggungjawabkan uang untuk keperluan belanja Negara/daerah dalam rangka pelaksanaan APBN/APBD pada kantor/satuan kerja kementerian Negara/lembaga/pemerintah daerah. Perdirjen Perbendaharaan No. 47/PB/2009 tentang petunjuk pelaksanaan penatausahaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban bendahara kementerian Negara/Lembaga/Kantor/satuan kerja. Dicabut dan telah di ganti dengan Perdirjen No. Per-3/PB/2014 tentang petunjuk teknis penatausahaan,pembukuan dan pertanggungjawaban Bendahara pada satuan kerja.

Pengelola Anggaran pendapatan dan belanja Negara serta Verifikasi Laporan tugas dan PertanggungJawaban Bendahara. Sebagaimana diketahui bersama bahwa bendahara keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memiliki peranan yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan daerah, terutama dalam mendukung mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Untuk itu diperlukan kompetensi yang memadai, baik dalam hal mekanisme pembayaran maupun pembukuan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tugas dan tanggung jawab bendahara keuangan sangat mempengaruhi tata kelola keuangan pemerintah daerah. Untuk meningkatkan kinerja Aparatur Pemerintah dalam kepemerintahan yang baik bersama ini kami sampaikan penawaran Diklat Teknis tentang “Bimtek diklat Tugas dan TanggungJawab Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran dalam Pengelolaan Keuangan Daerah serta Implementasi Anggaran Keuangan Berbasis Kinerja dalam Membangun Akuntabilitas Administrasi Pemerintah Daerah. info : Bimtek

Updated: February 14, 2018 — 1:35 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 Irock.web.id - Jasa SEO Master dan Ahli Pakar SEO Murah Powered By Jasa SEO Frontier Theme