Sejarah Kota Surabaya Tempo Dulu dan Asal Usul Nama

Sejarah Kota Surabaya Tempo Dulu dan Asal Usul Nama – Histori Kota Surabaya yang disebut ibu kota Jawa Timur yang sekalian jadi kota metropolitan paling besar sesudah kota Jakarta. Di Surabaya berikut pusat perekonomian terwujud seperti usaha, perdagangan, industri, serta pendidikan di Jawa Timur. Kota ini terdapat di samping timur Jakarta serta barat laut Denpasar, Bali. Kota ini bertemu segera dengan laut Jawa.

Surabaya mempunyai masyarakat 2. 813. 847 jiwa (2014). Daerah Surabaya yakni mencakup daerah metropolitan Gerbangkertosusila yang berpenduduk nyaris 10 juta jiwa, angka ini paling besar ke-2 di Indonesia sesudah Jabodetabek. Surabaya mempunyai Bandar Udara Internasional Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak, serta Pelabuhan Ujung sewa mobil surabaya.

Nama yang seringkali dimaksud untuk julukan Surabaya yaitu Kota Pahlawan karna sejarahnya yang begitu dihitung dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Surabaya sendiri konon datang dari narasi mitos pertempuran pada sura (ikan hiu) serta baya (buaya) serta pada akhirnya jadi kota Surabaya. (Bacalah juga : Histori Gudeg)

Bukti histori banyak tunjukkan kalau Surabaya telah ada jauh sebelumnya jaman kolonial, berangka 1358 M dalam prasasti Trowulan I. Dalam prasasti itu terdaftar kalau Surabaya (Churabhaya) masih tetap berbentuk desa di tepian sungai Brantas jadi tempat penyebrangan perlu selama sungai Brantas. Dalam buku Negara Kertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca yang menceritakan perjalanan pesiar Baginda Hayam Wuruk pada th. 1365 dalam pupuh XVII (bait ke-5, baris paling akhir) juga mengatakan kota Surabaya. rental mobil surabaya

Banyak sejarawan yang menyangkal walau sudah tertulis dalam buku Negarakertagama serta prasasti Trowulan mereka yakin kalau Surabaya telah ada jauh terlebih dulu. Dalam hipotesisnya Von Faber, Surabaya berdiri th. 1275 M oleh Raja Kertanegara jadi tempat pemukiman baru untuk prajuritnya yang berhasil menumpas pemberontakan Kemuruhan th. 1270 M. Surabaya dulunya bernama Ujung Galuh, hal semacam ini berdasarkan penarikan sangkaan oleh sejarawan. (Bacalah juga : Histori Candi Kalasan)

Baca :

Versi beda menyebutkan kalau Surabaya datang dari narasi mengenai perkelahian hidup serta mati Adipati Jayengrono serta Sawunggaling. Sesudah kalahnya tentara Tar Tar, Raden Wijaya membangun satu kraton di Ujung Galuh serta menemberi kewenangan Adipati Jayengrono untuk memimpin daerah itu. Bersamaan berkembangan saat Jayengrono jadi kuat dan semakin mandiri hingga meneror kedaulatan Majapahit. Untuk mengalahkan Jayengrono diutuslah Sawunggaling yang kuasai pengetahuan Sura.

Pertempuran itu berjalan di dekat Peneleh persisnya di Kali Mas. Sepanjang tujuh hari tujuh malam pertempuran itu berjalan dengan tragis, keduanya sangat terpaksa wafat karna kehabisan tenaga. Dengan filosofis kata ‘Surabaya’ seringkali disimpulkan jadi lambing pertempuran pada darat serta air, pada tanah serta air. Adapula yang mengatakan kalau kata Surabaya datang dari mitos ikan Suro serta Boyo yang mencuatkan sangkaan kalau nama Surabaya ada sesudah terjadinya momen peperangan pada Suro serta Boyo itu.

Supaya tak ada kesimpang-siuran dalam orang-orang jadi Walikotamadya atau Kepala Daerah Tingkat II Surabaya, yang dijabat oleh Ayah Soeparno, keluarkan Surat Ketentuan No. 64/WK/75 mengenai penetapan hari jadi kota Surabaya. Surat Ketentuan itu diisi kalau pada tanggal 31 Mei 1293 diperingati jadi hari jadi kota Surabaya. Bahkan juga orang Jawa juga yakin kalau nama Surabaya datang dari kata “sura ing bhaya” yang mempunyai makna “keberanian hadapi bahaya” sampai saat ini lambang patung itu masih tetap berada di depan Kebun Binatang Surabaya jadi obyek wisata.

Nama Kota Surabaya telah ada mulai sejak awal masa kerajaan Majapahit. Nama Surabaya terwujud dari paduan kata Sura serta Baya, nama dua binatang yang bertempur. Ke-2 ikon itu dipakai melukiskan momen yang berlangsung di Ujung Galuh (nama daerah Surabaya pada jaman dahulu), yaitu pertempuran pada tentara yang di pimpin Raden Wijaya dengan pasukan tentara Tar Tar pada tanggal 31 Mei 1293. Tanggal itu lalu di kenal jadi hari lahirnya Kota Surabaya.

Demikianlah artikel Sejarah Kota Surabaya Tempo Dulu dan Asal Usul Nama dari blog Irock SEO Website Terima kasih Pula telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel Web Jasa Seo yang singkat ini yang berjudul “Sejarah Kota Surabaya Tempo Dulu dan Asal Usul Nama”. Semoga informasi Dari Web Jasa Seo dan Pakar Seo Ahli SEO yang terkandung di dalamnya dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 Irock.web.id - Jasa SEO Master dan Ahli Pakar SEO Murah Powered By Jasa SEO Frontier Theme