Goa Sriti Kulon Progo

4/5 (1)

Goa Sriti di kulonprogo ialah salah satunya warisan budaya serta riwayat dari pahlawan nasiona dari jogja. Yakni warisan dari Pangeran Diponegoro. Pada tahun 1825-1930 Pangeran diponegoro pimpin satu pertarungan dengan Belanda serta dinamakan denga pangeran diponegoro. Semula pertarungan itu ialah saat belanda menempatkan patok di tanah kepunyaannya pangeran diponegoro yang terdapat di daerah tegalrejo.

Pada saat itu memang Pangeran Diponegoro telah muak dengan apakah yang dikerjakan oleh Belanda yangtidak menghormati kebiasaan istiadat ditempat serta exploitasi rakyat dengan memberi pajak. Perlawan pangeran diponegoro itu mendapatkan suport dari kraton jogja pada saat itu.Dengan pertarungan itu pada akhirnya Belanda kualahan melawan pertarungan yang dimpimpin oleh pangeran diponegoro itu. Beberapa langkah dikerjakan oleh belanda untuk menghalangi gerakan pangera diponegoro, salah satunya triknya ialah benteng stensel. Walau strategi taktik dari belanda ini tidak membuat gentar pasukan pangeran diponegoro serta dapat melawan belanda.

Artikel Terkait : http://sigithermawan.esy.es/wisata/goa-pindul/

1 strategi pangeran diponegoro yang membuat belanda kualahan ialah strategi menyerang dengan diam diam. dengan strategi ini pangeran diponegoro mesti memerlukan tempat persembunyian. Pada akhirnya pangeran diponegoro memakai goa selarong tempat persembunyian dahulu jadi markas serta goa Sriti ini jadi tempat persembunyian ke-2. Diakhir perlawanan pada akhirnya pangeran diponegoro sukses diamankan di magelang lewat cara yang curang. kembali pada goa sriti. Goa ini terdapat di dusun Dukuh, Desa purwoharjo, Kec Samigaluh Kulonprogo. Untuk akses jalan dari jogja ke arah goa ini termasuk gampang. DAri arah tugu jogja kita kebarat selalu melalui jl godean mengarah kulonprogo. Sampai perempatan naggulan mengarah kanan atau mengarah magelang. sampai pertigaan dekso kita mengambil jalan ke kiri mengarah samigaluh serta kikta akan temukan satu patung pangeran diponegoro yang menunjuk mengarah goa itu.

obyek wisata goa sriti ini memang tidaklah terlalu diketahui oleh penduduk luas. bahkan juga pengunjungnya juga begitu sepi. mungkin pada hari minggu saja pengunjungnya tidak lebih dari 30 orang. Walau sebenarnya obyek wisata ini memiliki riwayat menarik dengan nilai jual yang tinggi. Menurut saya obyek wisata goa sriti ini begitu menarik ditambah lagi jika kita tekuni mengenai sejarahnya. Akan tetapi butuh peningkatan serta explore dari penduduk seputar hingga lebih diketahui. jika kalian ingin bertandang ke sini silakan hubungi sewa mobil di jogja. kami akan dengan suka hati mengantar. untuk yang ingin rental mobil jogja terlepas kunci ikut bisa

Please rate this