Kampung China di Jakarta

No ratings yet.

KAMPUNG China ialah tempat tinggal serta lokasi perdagangan di Cibubur, Jakarta Timur. Daerah ini berdiri karena kerja sama di antara Pemerintah Kota Jakarta Timur dengan perusahaan asing untuk menyulap ruang 300 hektare lokasi wisata Cibubur jadi kota wisata, mandiri serta town center.

Mencuplik buku Ensiklopedia Jakarta, kampung itu mulai bekerja pada tanggal 14 September 2002. Bangunan, nuansa alam, sampai pernak-pernik yang di jual masih bau kesenian China. Semua produk yang dijajahkan juga datang dari negeri gorden bambu itu. Daerah itu bisa menjadi arah wisata pada tiap perayaan hari raya Imlek.

Sebelum masuk lokasi itu, pengunjung akan rasakan nuansa China yang demikian kental. Diantaranya kelihatan dari pintu gerbang berupa naga berwarna merah yang disebutkan gerbang kemakmuran. Kemudian, pelancong akan melalui jembatan melengkung yang disebutkan Dragon Gate. Alunan musik Mandarin terdengar semenjak masuk pintu gerbang sampai ke tempat penting.

Waktu masuk Kampung China, pengunjung akan memperoleh jejeran toko yang jual beberapa jenis dagangan, seperti kipas, payung, hiasan dinding, hio, ang pao, cincin, lampu redup, bermacam keramik, guji, sampai obat-obatan tradisionil ciri khas China.

Kekhasan Kampung Cina, yakni warna bangunan, patung, serta pernak-pernik semua dagangan berwarna merah menyala. Yang bertandang kesana, tidak cuma masyarkat keturunan Tionghoa, tetapi ada masyarakat lokal. Mereka disana tidak cuma berekreasi, tapi dapat juga berfoto-foto seolah-olah sedang ada di Negeri Gorden Bambu.

Please rate this